Jumat, 17 April 2015

Tugas 3 Ukuran Dispersi





UKURAN DISPERSI MENGENAI DATA STATISTIK BLOG “KADO UNIK”
Indri Oktaviani (1306065)
Jurnal Statistika & Probabilitas

Sekolah Tinggi Teknologi Garut
Jln. Mayor Syamsu No.1 Jayaraga Garut 44151
Indonesia
Email :
Abstrak – Pembuatan makalah ini bertujuan untuk memberikan informasi bagi para pembaca mengenai bagaimana caranya mengetahui apakah suatu rata-rata penyebaran data benar-benar mewakili suatu keseluruhan data atau tidak. Data yag diambil untuk dijadikan sampel adalah data statistik blog “Kado unik” dan untuk menganalisisnya penulis menggunakan metode ukuran dispersi. Dalam makalah ini akan dianalisis rata-rata penyebaran data, penyimpangannya dan berbagai perhitungan yang ada didalam metode ukuran dispersi.
Kata Kunci – Statistik, Blog, Dispersi
I.                   PENDAHULUAN
Blog adalah catatan online (yang berada di web). Pengertian yang lebih lengkap, blog adalah situs web yang berisi tulisan, artikel atau informasi bermanfaat yang diupdate (diperbaharui) secara teratur dan dapat diakses secara online baik untuk umum maupun pribadi ciri-ciri blog secara umum Memiliki Nama dan Alamat yang bisa diakses secara online, memiliki tujuan, memiliki isi atau postingan yang berupa artikel, catatan, dan informasi lainnya Postingan atau isi blog terarsip (tersimpan sesuai tanggal, bulan dan tahun posting). Isi Blog umumnya selalu bertambah atau terupdate sesuai dengan tujuan blog. Tujuan Blog Secara Umum, antara lain : Menyampaikan informasi yang bermanfaat untuk diri sendiri maupun bagi orang lain, Memberikan keuntungan bagi diri sendiri maupun orang lain, Menyalurkan hobby dan mengisi waktu luang dengan kegiatan yang positif, Berkarya atau aktualisasi diri Saling bertukar pengetahuan dengan pembaca, blogger menulis, pengunjung memberikan tanggapan atau komentar, berbagi pengalaman, berbagi software berguna, seperti foto, film/video, dokumen, dsb banyak lagi, sesuai dengan jenis / topik yang diangkat Karena blog bermacam-macam jenisnya, maka tujuan blog juga dipengaruhi oleh jenis blog tersebut. Hal ini membuat penulis merasa tertarik untuk menghitung tentang data statistik dari sebuah blog milik penulis sendiri dengan nama blognya “Kado unik”.

II.                LANDASAN TEORI
A.    Definisi Statistik
Statistika adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mengumpulkan, menganalisis dan menginterpretasikan data. Atau dengan kata lain, statistika menjadi semacam alat dalam melakukan suatu riset empiris. Statistika deskriptif adalah teknik yang digunakan untuk menyaring data dan menampilkannya dalam bentuk yang dapat dimengerti oleh setiap orang. Hal ini melibatkan proses kuantifikasi dari penemuan suatu fenomena. Berbagai statistik sederhana, seperti rata-rata, dihitung dan ditampilkan dalam bentuk tabel dan grafik. Statistika deskriptif dapat memberikan pengetahuan yang signifikan pada kejadian fenomena yang belum dikenal dan mendeteksi keterkaitan yang ada di dalamnya. Statistik merupakan suatu alat pengukuran yang berhubungan dengan keragaman pada karakteristik objek-objek yang berbeda. Objek yang belum dikenal tidaklah mewakili populasi objek yang memiliki "quantifiabel feature" melalui penyelidikan. Namun demikian, keragaman bisa menjadi hasil dari keberagaman yang lainnya (karena acak atau terkontrol). Pada ilmu fisika, yang sangat berkaitan dengan ekstraksi dan formulasi persamaan matematik tidak menyisakan banyak tempat untuk fluktuasi acak. Pada ilmu statistika, fluktuasi seperti itu dapat dijadikan model. Hubungan relasi statistik selanjutnya merupakan hubungan relasi yang menerangkan suatu proporsi perubahan yang pasti.

B.     Ukuran Dispersi
1.      Definisi Ukuran dispersi
Ukuran dispersi adalah ukuran yang menyatakan seberapa jauh penyimpangan  nilai-nilai dalam distribusi data dari nilai pusatnya atau ukuran yang menyatakan seberapa banyak nilai-nilai dalam distribusi data  yang berbeda dari nilai pusatnya. Karena itu,  ukuran-ukuran dispersi merupakan pelengkap dari ukuran-ukuran nilai pusat dalam menggambarkan suatu distribusi data.
2.      Jenis Ukuran dispersi
Beberapa jenis pengukuran Dispersi adalah sebagai berikut:
a.       Jangkauan (Range)
Selisih antara batas atas dari kelas tertinggi dengan batas bawah dari kelas terendah.
b.      Simpangan Rata-Rata (Mean Deviation)
Jumlah nilai mutlak dari selisih semua nilai dengan nilai rata-rata dibagi banyaknya data.
c.       Varians (Variance)
Rata-rata hitung deviasi kuadrat setiap data terhadap rata-rata hitungnya.
d.      Standar Deviasi
Akar kuadrat dari varians dan menunjukkan standar penyimpangan data terhadap nilai rata-ratanya.
e.       Jangkauan kuartil dan jangkauan persentil 10-90
Jangkauan kuartil disebut juga simpangan kuartil atau semi antar kuartil atau deviasi kuartil sedangkan jangkauan persentil 10-90 disebut juga rentang persentil 10-90.
f.       Koefisien Variasi
Koefisien Variasi, disebut dispersi relatif, dapat digunakan untuk membandingkan nilai – nilai besar dengan nilai – nilai kecil. Sedangkan lima bentuk dispersi sebelumnya tidak bisa.
3.      Kegunaan Ukuran dispersi
Dispersi Data adalah data yang menggambarkan bagaimana suatu kelompok data menyebar terhadap pusatnya data atau ukuran penyebaran suatu kelompok data terhadap pusatnya data. Dispersi data sangat penting untuk membandingkan penyebaran dua distribusi data atau lebih. Pusat data seperti rata-rata hitung, median dan modus hanya memberi informasi yang sangat terbatas sehingga tanpa disandingkan dengan dispersi data menjadi kurang bermanfaat dalam menganalisa data.
Kegunaan ukuran penyebaran antara lain sebagai berikut :
a.       Ukuran penyebaran dapat digunakan untuk menentukan apakah nilai rataratanya benar-benar representatif atau tidak. Apabila suatu kelompok data mempunyai penyebaran yang tidak sama terhadap nilai rata-ratanya, maka dikatakan bahwa nilai rata-rata tersebut tidak representatif.
b.      Ukuran penyebaran dapat digunakan untuk mengadakan perbandingan terhadap variabilitas data.
c.       Ukuran penyebaran dapat membantu penggunaan ukuran statistika, misalnya dalam pengujian hipotesis, apakah dua sampel berasal dari populasi yang sama atau tidak.

III.             HASIL DAN PEMBAHASAN

A.    Data Statistik Blog “Kado Unik”
Dalam pengolahan data statistik blog “kado unik”, penulis menggunakan metode ukuran dispersi dimana data yang diambil adalah data pengunjung yang penulis analisis setiap minggunya. Berikut rentang waktu analisis terhadap data statistic blog “Kado unik” :
Minggu ke – 1 : 19 Maret – 25 Maret 2015
Minggu ke - 2  : 26 Maret – 2 April 2015
Minggu ke – 3 : 3 April – 9 April 2015
Minggu ke – 4 : 10 April – 17 April 2015



1.      Data pengunjung Blog
Berikut hasil data pengunjung blog selama 4 minggu dari tanggal 19 Maret – 17 April 2015 :


Pengunjung terbanyak terdapat pada minggu ke – 1, dimana pada minggu ke-1 penulis sering mempromosikan blog “Kado unik” melalui media berupa facebook, twitter, dll sehingga berdampak pada jumlah kunjungan yang bertambah setiap minggunya dan juga berdampak pada komentar dari blog tersebut.
Perbandingan angka data pengunjung setiap minggunya dapar dilihat pada grafik berikut :






2.      Data pengunjung Blog berdasarkan Browser
Berikut data pengunjung blog berdasarkan browser :


Dari tabel diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa pengunjung blog “Kado unik” lebih banyak membuka blog tersebut melalui browser Firefox, sehingga untuk persentase total pengunjung blog berdasarkan browser dapat dilihat pada diagram berikut.


3.      Data pengunjung Blog berdasarkan Sistem Operasi
Berikut data pengunjung blog berdasarkan Sistem Operasi :

Dari tabel diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa pengunjung blog “Kado unik” lebih banyak membuka blog tersebut melalui Sistem operasi windows, sehingga untuk persentase total pengunjung blog berdasarkan system operasi dapat dilihat pada diagram berikut.


4.      Data pengunjung Blog berdasarkan Sumber Lalu lintas
Berikut data pengunjung blog berdasarkan Sumber lalu lintas yag dilihat dari uRL perujuk dan situs perujuk.


Data Pengunjung Blog berdasarkan Sumber Lalu lintas melalui uRL perujuk terbanyak, terdapat pada media facebook. Sehingga persentasenya dapat dilihat pada diagram berikut :





Data Pengunjung Blog berdasarkan Sumber Lalu lintas melalui situs perujuk terbanyak, terdapat pada media facebook. Sehingga persentasenya dapat dilihat pada diagram berikut :



5.      Data pengunjung Blog berdasarkan Negara
Berikut data pengunjung blog berdasarkan Negara. Dimana terdapat 5 negara yang mengunjungi blog “Kado unik” yang terdiri dari Indonesia, Amerika, India, Singapura dan Jerman. 

Dari tabel diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa pengunjung blog “Kado unik” terbanyak dari Negara Indonesia, sehingga untuk persentase total pengunjung blog berdasarkan negara dapat dilihat pada diagram berikut.


B.     Ukuran Dispersi
Berdasarkan hasil analisis terhadap data statistik blog “Kado Unik” maka penulis melakukan perhitungan terhadap data tersebut dengan menggunakan metode ukuran dispersi. Adapun data yang diambil adalah data pengunjung Blog “Kado Unik” dengan rentang waktu selama 4 minggu berturut-turut.
Dari hasil analisis statistik pengunjung blog “Kado Unik” dihasilkan data setiap minggunya sebagai berikut :
M-1
M-2
M-3
M-4
81
16
11
18

Berikut pembahasan ukuran dispersinya :
1.      Range / Jangkauan
Dari data yang ada, dapat diketahui untuk Xmax = 71 dan Xmin = 38, sehingga range / jangkauannya adalah :
Range        = Xmax – Xmin
                  = 81  -  18
                  = 63
Range / jangkauan dari data pengunjung blog “Kado Unik” per minggu adalah 63.

2.      Jangkauan antar Kuartil
Rumus untuk menghitung jangkauan antar kuartil adalah sebagai berikut :
Jangkauan antar kuartile = Q3 – Q1
Sehingga untuk menghitung jangkauan kuartil, harus dicari kuartilnya. Rumusnya adalah sebagai berikut :




Sebelum melakukan perhitungan jangkauan antar kuartil, terlebih dahulu urutkan data yang akan dihitung jangkauan kuartilnya dari nilai terkecil ke terbesar.
Maka untuk urutan datanya adalah sebagai berikut : 11, 16, 18, 81.
Jumlah data (n) = 4




Jangkauan antar kuartile   = Q3 – Q1
                                          = 3.75  -  1.25
                                          = 2.5
Jangkauan antar kuartile dari data pengunjung blog “Kado Unik” per minggu adalah 2.5.

3.      Deviasi Rata-rata
Rumus deviasi rata-rata adalah sebagai berikut :


                    Deviasi rata-rata dari data statistik pengunjung Blog ”Kado unik” adalah 0.

4.      Variance / Ragam





Diketahui :
Data data pengunjung blog “Kado Unik” per minggu  = 11, 16, 18, 81
Jumlah data (n) = 4



 





















   
5.Standart Deviation / Simpangan baku


6.      Koefisien Keragaman





    

IV.             PENUTUP
Berdasarkan hasil analisis terhadap data statistik blog “Kado unik” dan perhitungan ukuran dispersi dari data yang telah dianalisis, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :
1.      Blog adalah sebagai media untuk menyampaikan informasi, menyalurkan hobby dalam hal tulis – menulis bahkan dapat memberikan keuntungan bagi diri sendiri maupun oranglain.
2.      Data statistik Blog “Kado unik” dapat dihitung dengan menggunakan metode ukuran disperse.
3.      Range / jangkauan dari data statistik pengunjung Blog “Kado unik” per minggunya adalah 63.
4.      Jangkauan antar kuartil dari data statistik pengunjung Blog “Kado unik” per minggunya adalah 2.5.
5.      Deviasi rata-rata data statistik pengunjung Blog “Kado unik” per minggunya adalah 0.
6.      Variance / ragam dari data statistik pengunjung Blog “Kado unik” per minggunya adalah 1097.67
7.      Standar Deviation dari data statistik pengunjung Blog “Kado unik” per minggunya adalah 33.13
8.      Koefisien keragaman dari data statistik pengunjung Blog “Kado unik” per minggunya adalah 105.18 %.

V.                DAFTAR PUSTAKA