UKURAN DISPERSI MENGENAI DATA
STATISTIK BLOG “KADO UNIK”
Indri Oktaviani (1306065)
Jurnal Statistika & Probabilitas
Sekolah Tinggi Teknologi Garut
Jln. Mayor Syamsu No.1 Jayaraga Garut 44151
Indonesia
Jurnal Statistika & Probabilitas
Sekolah Tinggi Teknologi Garut
Jln. Mayor Syamsu No.1 Jayaraga Garut 44151
Indonesia
Email
:
Abstrak –
Pembuatan makalah ini bertujuan untuk memberikan informasi bagi para pembaca
mengenai bagaimana caranya mengetahui apakah suatu rata-rata penyebaran data
benar-benar mewakili suatu keseluruhan data atau tidak. Data yag diambil untuk
dijadikan sampel adalah data statistik blog “Kado unik” dan untuk
menganalisisnya penulis menggunakan metode ukuran dispersi. Dalam makalah ini
akan dianalisis rata-rata penyebaran data, penyimpangannya dan berbagai perhitungan
yang ada didalam metode ukuran dispersi.
Kata Kunci
– Statistik, Blog, Dispersi
I.
PENDAHULUAN
Blog adalah catatan
online (yang berada di web). Pengertian yang lebih lengkap, blog adalah situs
web yang berisi tulisan, artikel atau informasi bermanfaat yang diupdate
(diperbaharui) secara teratur dan dapat diakses secara online baik untuk umum
maupun pribadi ciri-ciri blog secara umum Memiliki Nama dan Alamat yang bisa
diakses secara online, memiliki tujuan, memiliki isi atau postingan yang berupa
artikel, catatan, dan informasi lainnya Postingan atau isi blog terarsip
(tersimpan sesuai tanggal, bulan dan tahun posting). Isi Blog umumnya selalu
bertambah atau terupdate sesuai dengan tujuan blog. Tujuan Blog Secara Umum,
antara lain : Menyampaikan informasi yang bermanfaat untuk diri sendiri maupun
bagi orang lain, Memberikan keuntungan bagi diri sendiri maupun orang lain, Menyalurkan
hobby dan mengisi waktu luang dengan kegiatan yang positif, Berkarya atau
aktualisasi diri Saling bertukar pengetahuan dengan pembaca, blogger menulis,
pengunjung memberikan tanggapan atau komentar, berbagi pengalaman, berbagi
software berguna, seperti foto, film/video, dokumen, dsb banyak lagi, sesuai
dengan jenis / topik yang diangkat Karena blog bermacam-macam jenisnya, maka
tujuan blog juga dipengaruhi oleh jenis blog tersebut. Hal ini membuat penulis
merasa tertarik untuk menghitung tentang data statistik dari sebuah blog milik
penulis sendiri dengan nama blognya “Kado unik”.
II.
LANDASAN
TEORI
A.
Definisi
Statistik
Statistika
adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mengumpulkan,
menganalisis dan menginterpretasikan data. Atau dengan kata lain, statistika
menjadi semacam alat dalam melakukan suatu riset empiris. Statistika deskriptif adalah
teknik yang digunakan untuk menyaring data dan menampilkannya dalam bentuk yang
dapat dimengerti oleh setiap orang. Hal ini melibatkan proses kuantifikasi dari
penemuan suatu fenomena. Berbagai statistik sederhana, seperti rata-rata,
dihitung dan ditampilkan dalam bentuk tabel dan grafik. Statistika deskriptif
dapat memberikan pengetahuan yang signifikan pada kejadian fenomena yang belum
dikenal dan mendeteksi keterkaitan yang ada di dalamnya. Statistik merupakan
suatu alat pengukuran yang berhubungan dengan keragaman pada karakteristik
objek-objek yang berbeda. Objek yang belum dikenal tidaklah mewakili populasi
objek yang memiliki "quantifiabel feature" melalui penyelidikan.
Namun demikian, keragaman bisa menjadi hasil dari keberagaman yang lainnya
(karena acak atau terkontrol). Pada ilmu fisika, yang sangat berkaitan dengan
ekstraksi dan formulasi persamaan matematik tidak menyisakan banyak tempat
untuk fluktuasi acak. Pada ilmu statistika, fluktuasi seperti itu dapat
dijadikan model. Hubungan relasi statistik selanjutnya merupakan hubungan
relasi yang menerangkan suatu proporsi perubahan yang pasti.
B.
Ukuran Dispersi
1. Definisi
Ukuran dispersi
Ukuran dispersi adalah ukuran yang menyatakan seberapa
jauh penyimpangan nilai-nilai dalam
distribusi data dari nilai pusatnya atau ukuran yang menyatakan seberapa banyak
nilai-nilai dalam distribusi data yang
berbeda dari nilai pusatnya. Karena itu,
ukuran-ukuran dispersi merupakan pelengkap dari ukuran-ukuran nilai
pusat dalam menggambarkan suatu distribusi data.
2. Jenis
Ukuran dispersi
Beberapa
jenis pengukuran Dispersi adalah sebagai berikut:
a. Jangkauan (Range)
Selisih
antara batas atas dari kelas tertinggi dengan batas bawah dari kelas terendah.
b. Simpangan Rata-Rata (Mean Deviation)
Jumlah
nilai mutlak dari selisih semua nilai dengan nilai rata-rata dibagi banyaknya
data.
c. Varians (Variance)
Rata-rata
hitung deviasi kuadrat setiap data terhadap rata-rata hitungnya.
d. Standar Deviasi
Akar
kuadrat dari varians dan menunjukkan standar penyimpangan data terhadap nilai
rata-ratanya.
e. Jangkauan kuartil dan jangkauan
persentil 10-90
Jangkauan
kuartil disebut juga simpangan kuartil atau semi antar kuartil atau deviasi
kuartil sedangkan jangkauan persentil 10-90 disebut juga rentang persentil
10-90.
f. Koefisien Variasi
Koefisien
Variasi, disebut dispersi relatif, dapat digunakan untuk membandingkan nilai –
nilai besar dengan nilai – nilai kecil. Sedangkan lima bentuk dispersi
sebelumnya tidak bisa.
3. Kegunaan Ukuran dispersi
Dispersi
Data adalah data yang menggambarkan bagaimana suatu kelompok data menyebar
terhadap pusatnya data atau ukuran penyebaran suatu kelompok data terhadap
pusatnya data. Dispersi data sangat penting untuk membandingkan penyebaran dua
distribusi data atau lebih. Pusat data seperti rata-rata hitung, median dan
modus hanya memberi informasi yang sangat terbatas sehingga tanpa disandingkan
dengan dispersi data menjadi kurang bermanfaat dalam menganalisa data.
Kegunaan
ukuran penyebaran antara lain sebagai berikut :
a. Ukuran penyebaran dapat digunakan
untuk menentukan apakah nilai rataratanya benar-benar representatif atau tidak.
Apabila suatu kelompok data mempunyai penyebaran yang tidak sama terhadap nilai
rata-ratanya, maka dikatakan bahwa nilai rata-rata tersebut tidak
representatif.
b. Ukuran penyebaran dapat digunakan
untuk mengadakan perbandingan terhadap variabilitas data.
c. Ukuran penyebaran dapat membantu
penggunaan ukuran statistika, misalnya dalam pengujian hipotesis, apakah dua
sampel berasal dari populasi yang sama atau tidak.
III.
HASIL DAN PEMBAHASAN
A.
Data Statistik Blog “Kado Unik”
Dalam pengolahan data statistik blog
“kado unik”, penulis menggunakan metode ukuran dispersi dimana data yang
diambil adalah data pengunjung yang penulis analisis setiap minggunya. Berikut rentang
waktu analisis terhadap data statistic blog “Kado unik” :
Minggu
ke – 1 : 19 Maret – 25 Maret 2015
Minggu
ke - 2 : 26 Maret – 2 April 2015
Minggu
ke – 3 : 3 April – 9 April 2015
Minggu
ke – 4 : 10 April – 17 April 2015
1.
Data pengunjung Blog
Berikut hasil data pengunjung blog
selama 4 minggu dari tanggal 19 Maret – 17 April 2015 :
Pengunjung
terbanyak terdapat pada minggu ke – 1, dimana pada minggu ke-1 penulis sering
mempromosikan blog “Kado unik” melalui media berupa facebook, twitter, dll
sehingga berdampak pada jumlah kunjungan yang bertambah setiap minggunya dan juga
berdampak pada komentar dari blog tersebut.
Perbandingan
angka data pengunjung setiap minggunya dapar dilihat pada grafik berikut :
2.
Data pengunjung Blog berdasarkan
Browser
Berikut data pengunjung blog
berdasarkan browser :
Dari
tabel diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa pengunjung blog “Kado unik” lebih
banyak membuka blog tersebut melalui browser Firefox, sehingga untuk persentase
total pengunjung blog berdasarkan browser dapat dilihat pada diagram berikut.
3.
Data pengunjung Blog berdasarkan
Sistem Operasi
Berikut data pengunjung blog
berdasarkan Sistem Operasi :
Dari tabel
diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa pengunjung blog “Kado unik” lebih banyak
membuka blog tersebut melalui Sistem operasi windows, sehingga untuk persentase
total pengunjung blog berdasarkan system operasi dapat dilihat pada diagram
berikut.
4.
Data pengunjung Blog berdasarkan
Sumber Lalu lintas
Berikut data pengunjung blog berdasarkan
Sumber lalu lintas yag dilihat dari uRL perujuk dan situs perujuk.
Data
Pengunjung Blog berdasarkan Sumber Lalu lintas melalui uRL perujuk terbanyak,
terdapat pada media facebook. Sehingga persentasenya dapat dilihat pada diagram
berikut :
Data
Pengunjung Blog berdasarkan Sumber Lalu lintas melalui situs perujuk terbanyak,
terdapat pada media facebook. Sehingga persentasenya dapat dilihat pada diagram
berikut :
5.
Data pengunjung Blog berdasarkan
Negara
Berikut data pengunjung blog
berdasarkan Negara. Dimana terdapat 5 negara yang mengunjungi blog “Kado unik”
yang terdiri dari Indonesia, Amerika, India, Singapura dan Jerman.
Dari tabel
diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa pengunjung blog “Kado unik” terbanyak
dari Negara Indonesia, sehingga untuk persentase total pengunjung blog
berdasarkan negara dapat dilihat pada diagram berikut.
B.
Ukuran Dispersi
Berdasarkan hasil analisis terhadap data
statistik blog “Kado Unik” maka penulis melakukan perhitungan terhadap data
tersebut dengan menggunakan metode ukuran dispersi. Adapun data yang diambil
adalah data pengunjung Blog “Kado Unik” dengan rentang waktu selama 4 minggu
berturut-turut.
Dari hasil analisis statistik
pengunjung blog “Kado Unik” dihasilkan data setiap minggunya sebagai berikut :
M-1
|
M-2
|
M-3
|
M-4
|
81
|
16
|
11
|
18
|
Berikut
pembahasan ukuran dispersinya :
1. Range / Jangkauan
Dari data yang ada, dapat diketahui
untuk Xmax = 71 dan Xmin = 38, sehingga range / jangkauannya adalah :
Range = Xmax – Xmin
=
81 -
18
=
63
Range / jangkauan dari data
pengunjung blog “Kado Unik” per minggu adalah 63.
2. Jangkauan antar Kuartil
Rumus untuk menghitung jangkauan
antar kuartil adalah sebagai berikut :
Jangkauan antar kuartile = Q3
– Q1
Sehingga untuk menghitung jangkauan
kuartil, harus dicari kuartilnya. Rumusnya adalah sebagai berikut :
Sebelum melakukan perhitungan jangkauan
antar kuartil, terlebih dahulu urutkan data yang akan dihitung jangkauan
kuartilnya dari nilai terkecil ke terbesar.
Maka untuk urutan datanya adalah sebagai
berikut : 11, 16, 18, 81.
Jumlah data (n) = 4
Jangkauan antar kuartile = Q3 – Q1
=
3.75 -
1.25
=
2.5
Jangkauan antar kuartile dari data
pengunjung blog “Kado Unik” per minggu adalah 2.5.
3. Deviasi Rata-rata
Rumus deviasi rata-rata adalah
sebagai berikut :
Deviasi
rata-rata dari data statistik pengunjung Blog ”Kado unik” adalah
0.
4. Variance / Ragam
Diketahui :
Data data pengunjung blog “Kado
Unik” per minggu = 11, 16, 18, 81
Jumlah data (n) = 4
5.Standart Deviation / Simpangan baku
6. Koefisien Keragaman
IV.
PENUTUP
Berdasarkan
hasil analisis terhadap data statistik blog “Kado unik” dan perhitungan ukuran dispersi
dari data yang telah dianalisis, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut
:
1. Blog
adalah sebagai media untuk menyampaikan informasi, menyalurkan hobby dalam hal
tulis – menulis bahkan dapat memberikan keuntungan bagi diri sendiri maupun
oranglain.
2. Data
statistik Blog “Kado unik” dapat dihitung dengan menggunakan metode ukuran disperse.
3. Range
/ jangkauan dari data statistik pengunjung Blog “Kado unik” per minggunya adalah
63.
4.
Jangkauan antar kuartil dari data statistik
pengunjung Blog “Kado unik” per minggunya adalah 2.5.
5.
Deviasi rata-rata data statistik pengunjung
Blog “Kado unik” per minggunya adalah 0.
6.
Variance / ragam dari data statistik
pengunjung Blog “Kado unik” per minggunya adalah 1097.67
7.
Standar Deviation dari data statistik
pengunjung Blog “Kado unik” per minggunya adalah 33.13
8.
Koefisien keragaman dari data statistik
pengunjung Blog “Kado unik” per minggunya adalah 105.18 %.
V.
DAFTAR
PUSTAKA